Tuesday, February 5, 2008

Hosting Gratis, Cukupkah.. ?

Untuk sebuah situs komunitas, hosting gratis sebenarnya sudah cukup. Perhitungannya tentu saja untuk menghemat biaya. Penyedia jasa hosting gratisan pun kini cukup banyak jumlahnya.

Biasanya, perusahaan penyedia hostingan gratis memberikan banner berupa iklan di tiap halaman, sebagai kompensasinya. Tetapi ada juga yang memberikannya tanpa imbalan apapun.

Sebagian besar penyedia jasa layanan hosting gratis, memberikan kapasitas server sebesar 100 MB, bahkan ada beberapa penyedia jasa yang berani memberikan kapasitas server hingga 1 GB. Hosting yang diberikan secara gratis itu, sebagian besar menggunakan php sebagai bahasa (language).


Lang php dinilai cukup untuk mengembangkan layanan web/blog berbasis php, seperti wordpress atau joomla. File berbahasa html pun bisa dipergunakan di server berbasis php.
Tapi perlu berhati-hati juga menggunakan layanan hosting gratis. Ada yang menyediakan layanan gratisnya hanya untuk main-main. Begitu banyak penggunanya, tiba-tiba saja menghilang. Akibatnya, pengguna jasa ikut kehilangan file di dalamnya.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home