Monday, January 7, 2008

Sekarang Eranya Web 2.0

Sekian lama tidak menjenguk blog, kangen juga euy. Tak terasa dah berganti tahun he...he..he..
Walaupun agak telat dikit, tidak lupa mengucapkan selamat tahun baru 2008...
Happy new year man......!
Saat warga Batam masih disibukkan dengan blog, di luar Batam justru tengah berkembang situs-situs komunitas. Situs komunitas adalah situs yang di dalamnya berisikan aktivitas dari anggotanya. Situs komunitas merupakan bagian dari aplikasi web 2.0 yang membebaskan pengunjung web tidak hanya sebatas pengunjung, tetapi juga menjadi bagian dari situs, dengan ikut mengirimkan artikel maupun informasi. Tentu saja isinya tergantung dari jenis situs yang dimasuki.

Ada berbagai jenis situs komunitas yang berkembang akhir-akhir ini. Mulai dari situs komunitas multimedia yang di dalamnya berisikan penghobi multimedia seperti video streaming dan musik, yang dipublikasikan di situs. Ada pula situs yang di dalamnya hanya berisikan foto-foto wajah para anggotanya. Situs seperti ini, banyak disebut situs narsis karena anggotanya kebanyakan dari orang-orang yang suka memamerkan wajahnya. Tetapi tak bisa dipandang sepele karena beberapa situs model begini jusru banyak peminatnya.


Meskipun sudah menjadi pembicaraan sejak tahun 2004, web 2.0 bukanlah kata yang familiar bagi pengguna internet. Masih banyak pengguna yang mempertanyakan maksud dan manfaat dari penggunaan web 2.0, terutama jika dibandingkan dengan web yang telah mereka kenal selama ini.
Ketika web 2.0 disebut sebagai tahap kedua dari perkembangan web yang telah ada saat ini, muncul kekhawatiran akan tidak kompatibelnya versi web tersebut dengan program web browser yang dimiliki pengguna. Padahal tidak ada satupun teknologi di sisi pengguna (client) yang perlu di-upgrade untuk dapat mengakses web tersebut. Perkembangan web 2.0 lebih menekankan pada perubahan cara berpikir dalam menyajikan konten dan tampilan di dalam sebuah situs web.


Sebagian besar cara berpikir tersebut mengadaptasi gabungan dari teknologi web yang telah ada saat ini. Walaupun definisi mengenai web 2.0 masih belum secara utuh diformulasikan sampai hari ini, ada pihak yang mengatakan bahwa web 2.0 lebih menekankan pada social network atau jalinan sosial antara penggunanya.


O’Reilly dan MediaLive International menekankan bahwa web 2.0 merupakan sebuah platform bagi aplikasi. Mereka mendeskripsikan hal ini sebagai sebuah software yang berjalan melalui media internet dengan bantuan browser web dan tidak perlu diinstalasi terlebih dahulu seperti software-software yang umumnya digunakan sehari-hari. Bahkan konsep mengenai sistem operasi di dalam web juga masuk dalam definisi tersebut di dalam konferensi web 2.0 pada tahun 2005.


Secara tidak sadar, kita sebenarnya sudah menjadi bagian dari web 2.0. Situs web 2.0 populer sampai sekarang ini adalah friendster, yang anggotanya terus bertambah. Walau banyak situs serupa mulai bermunculan, tetapi belum ada yang bisa mengalahkan friendster, dari sisi jumlah anggota(Batampos).

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home